4/20/2010

SEHAT DAN PRILAKU SEHAT

Kawan semua,mengawali pembicaraan tentang sehat dan sakit ,alangkah baiknya kalau saya menyunting dulu apa sih Sehat dan apasih perilaku sehat dari wikipedia

Sehat adalah suatu keadaan fisik, mental dan sosial yang sejahtera dan bukan hanya ketiadaan penyakit dan lemah (def.who)

Upaya Perawatan kesehatan adalah sebuah proses yang berhubungan dengan pencegahan, perawatan, dan manajemen penyakit  dan juga promosi kemakmuran mental, fisik, dan rohani melalui pelayanan yang ditawarkan oleh profesional kedokteran.
Menurut Becker:
Konsep perilaku sehat( ini merupakan pengembangan dari konsep perilaku yang dikembangkan Bloom)  ada 3 katagori:  
1. Pengetahuan Kesehatan(health knowledge)
 Pengetahuan tentang kesehatan mencakup apa yang diketahui oleh seseorang terhadap cara-cara memelihara kesehatan, seperti pengetahuan tentang penyakit menular, pengetahuan tentang faktor- faktoryang terkait.dan atau mempengaruhi kesehatan, pengetahuan tentang fasilitas pelayanan kesehatan, dan pengetahuan untuk menghindari kecelakaan.

 2. Sikap terhadap kesehatan(health attitude)
Sikap terhadap kesehatan adalah pendapat atau penilaian seseorang terhadap hal-hal yang berkaita  dengan  pemeliharaan kesehatan, seperti sikap terhadap penyakit menular dan tidak menular, sikap terhadap faktor-faktor yang terkait dan atau mempengaruhi kesehatan, sikap tentang fasilitas pelayanan kesehatan,dan sikap untuk menghindari kecelakaan.

 3. Praktek kesehatan(health practice)
Praktek kesehatan untuk hidup sehat adalah semua kegiatan atau aktivitas orang dalam rangka memelihara kesehatan, seperti tindakan terhadap penyakit menular dan tidak menular, tindakan terhadap faktor-faktor yang terkait dan atau mempengaruhi kesehatan, tindakan tentang fasilitas pelayanan kesehatan,dan tindakan untuk menghindari kecelakaan.

Selain Becker, terdapat pula beberapa definisi lain mengenai perilaku kesehatan.
 
Menurut Solita perilaku kesehatan merupakan “segala bentuk pengalaman dan interaksi individu dengan lingkungannya, khususnya yang menyangkut pengetahuan dan sikap tentang kesehatan, serta tindakannya yang berhubungan dengan kesehatan”.
 
Menurut Cals dan Cobb: perilaku kesehatan sebagai: “perilaku untuk mencegah penyakit pada tahap belum menunjukkan gejala (asymptomatic stage)”.

Menurut Skinner perilaku kesehatan (healthy behavior) diartikan sebagai respon seseorang terhadap stimulus atau objek yang berkaitan dengan sehat-sakit,
penyakit, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan seperti lingkungan, makanan, minuman, dan pelayanan kesehatan.
Dengan kata lain, perilaku kesehatan adalah semua aktivitas atau kegiatan seseorang, baik yang dapat diamati (observable) maupun yang tidak dapat diamati (unobservable), yang berkaitan dengan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan.
Pemeliharaan kesehatan ini mencakup mencegah atau melindungi diri dari penyakit dan masalah kesehatan lain,meningkatkan kesehatan, dan mencari penyembuhan apabila sakit atau terkena masalah kesehatan
Referensi: wikipedia dan wikipedia

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat,yuuuk ....... kita berdiskusi......
Salam hangat dan sukses selalu !                                                                 






Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek, masadif rekomendasikan anda belajar di sini   «« coba di klik biar situsnya keluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar